Wednesday 1 January 2014

Cara Membuat Bootable Windows Dengan USB Flashdisk

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Alhamdulillahirobbil 'alamin, kembali lagi kami postingkan sebuah artikel kepada hadirin semuanya, untuk postingan kali ini kami meluncurkan cara membuat bootable windows dengan USB flashdisk. Perlu diketahui untuk saat ini banyak sekali orang yang menggunakan notebook, notebook berbeda dengan laptop, perbedaannya sendiri sangat terlihat, mulai dari ukuran dan pengguaan CD/DVD ROOM, kalau lapop ukurannya lebih besar dan menggunakan CD/DVD ROOM sedangkan notebook ukurannya lebih kecil dan tidak menggunakan CD/DVD ROOM, sekarang disinilah permasalahannya banyak teman-teman yang bertanya, bagi mana cara instal windows di notebook?, bukankah instal windows harus menggunakan CD/DVD ROOM, kalau instal windows di notebook apakah harus menggunakan CD/DVD ROOM external?. Disinilah jawabannya, setelah kami mencari ternyata kami menemukannya, ternya instal windows menggunakan USB Flashdisk, bisa.....!. tentunya lebih murah dibandingkan kita membeli CD/DVD ROOM external. Kita bandingkan saja flasdik 45.000 dengan CD/DVD ROOM yang harganya sekitar 450.000, 10 kali lipat bukan. jadi tenang saja, ada solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Setelah pembuatan bootable ini nanti selesai , untuk fungsinya tidak hanya dipakai untuk install notebook saja melainkan komputer, laptop juga bisa kita istall dengan menggunkan USB, selama boot menu pada bios masing - masing komputer suport dengan USB.

Sebelum USB Flashdisk bisa di pakai untuk install windows, kita harus membuat dulu bootablenya. Nah ini nanti yang akan kita bahas di postingan ini, karena dalam pembuatan bootable ini nanti langkah-lagkahya sedikit panjang, Oke sampai disini bosa-basinya, langsung saja berikut ni tutorial cara membut bootable windws dengan USB flashdisk. Langkah - langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama siapkan flashdisk minimal ukuran 4GB (ukuran flashdisk tergantung windows yang akan kita instal jika xp flashdisk ukuran 2GB sudah bisa tetapi kalau windows vista, 7 dan 8 flashdisk harus ukuran 4GB keatas.)
  2. Kedua siapkan CD/DVD windowsnya. (Kalau ada file ISOnya juga bisa di gunakan tetapi kalau kita menggunakan windows dalam bentuk iso kta harus pasang dulu virtual CD/DVD di pc kita untuk cara pembuatan virtual CD/DVDnya bisa kitaa lihat disini. )
  3. Kemudian kita masukkan CD/DVD windows kita, atau jika kit menggunkan ISO mount terlebih dahulu windows isonya.
  4. Selanjutnya kita siapkan software untuk membuat bootablenya, untuk nama softwarenya yaitu "win to flash", untuk softwarenya download disini.
  5. Setelah didownload cari dan extrak filenya, di Local C - Program File - Buat folder baru dengan nama "Win To Flash" - kemudian pilih folder yang kita buat.Tunggu hingga proses extrak selesai.                                                 
  6. Selanjutnya kita buat menu shot cut di destop, dengan cara klik kanan WinToFlash.exe - send to desktop. hal ini untuk memudahka kita dalam pembuatan bootable.
  7. Kemudian kita lihat di desktop  kita, sudah tampil atau belum shot cutnya, kalau sudah langsung klik dua kali untuk membuka, atau klik kanan open.
  8. Selanjutnya akan ada tampilan seperti berikut,
  9. Tunggu hingga muncul tampilan seperti di bawah ini. Kemudian klik next.
  10. Dan akan masuk ketampilan berikutnya, seperti dibawah ini. Kemudian klik Next.
  11. Selanjutnya akan tampil seperti di bawah ini.
  12. Nah disinilah kita kita memulai pembuatan bootablenya, pada Windows File Path kita klik select, kita cari file windows kita yang sudah kita masukkan kedalam CD/DVD atau Virtual CD/DVD tadi. Selanjutnya pada USB Drive klik select dan kita cari flasdisk yang akan kita gunkan untuk membuat bootablenya, dalam penentuan ini nanti jangan sampai salah, karena kalau sampai salah siap - siap saja data di flashdisk akan hilang. Kalau sudah yakin benar klik next, dan akan muncul tampilan seperti berikut ini.
  13. Disini adalah proses peng copyan data dari CD/DVD windows ke flashdisk, tunggu hingga proses selesai, kira kira 20 menit. selanjutnya kalau sudah selesai tampilnnya akan seperti berikut. 
  14. Kemudian klik next, dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Lalu klik exit.
  15. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, kemdian klik next time.
  16. Dan selamat fashdisk dengan bootable windows hadirin sudah jadi, dan tinggal kita gunakan untuk install di PC kita. Untuk cara instalnya sama dengan menggunakan CD/DVD, Cuma kalau kit memakai USB flasdisk kita harus mensetting boot terlebih dahulu pada bios PC, Cara settingnya untuk boot yang nomor satu kita ganti dengan USB.
 Demikian tutorial yang dapat ami sampaikan, jika ada pertanyaan silahkan comen saja. Dari kami cukup sekian, jika ada tutur kat yang kurang berkenan kami minta maaf yang sebesar - besarnya.

Wassalamu'alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh

No comments:

Post a Comment