Monday 16 December 2013

Cara Upgrade ke Windows 8.1 (blue update) terbaru

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Salam sejahtera kami ucapkan, berjumpa lagi untuk para hadirin semuanya, di postingan ini kami akan membahas tentang cara meng instal windows 8 terbaru. Perlu di ketahui windows 8 merupakan versi terbaru dari microsoft windows, tampilan dari windows 8 sendiri sangat berbeda dengan windows-windows sebelumnya seperti windows xp, windows vista, dan windows 7. Windows 8 resmi dirilis pada 26 Oktober 2012, nama lain dari Windows 8 yaitu Windows Blue. Nama blue ini adalah nama windows update dari windows 8 ke 8.1, untuk sekarang ini windows blue update sudah bisa di dapatkan, karena windows blue update sudah dirilis pada bulan Agustus 2013.

Untuk windows 8 blue update ini punya banyak vitur tambahan dibandingkan dari windows 8 sebelumnya, diantaranya : menu split screen yang baru, peningkatan setting UI (User Interface), peningkatan skydrive, internet explorer 11, etc.

Jika hadirin sudah pernah menginstal windows 7, pastinya dalam menginstal windows 8 pun tidak akan ada kesulitan, karena cara-caranya hampir sama dengan ketika hadirin menginstal windows 7. Cuma ada sedikit perbedaan saja, kami kira perbedaan itu hanya dalam segi tampilan saja.

Dalam Instal windows 8 blue update tidak beda jauh dengan windows 8 sebelumnya hanya sedikit perbedaan saja, untuk mengetahui perbedaan tersebut mari kita ikuti tutorialnya.

Oke...! tidak perlu panjang lebar, langsung saja kepokok inti, bagi yang ingin belajar menginstal windows 8 ikuti tutorial berikut:
  1. Pertama yang harus hadirin siapkan adalah mental, karena dalam instal windows nanti jika ada kesalahan sedikit bisa menghilangkan semua data kita. Jadi ikuti tutorial ini dengan seksama.
  2. Cek kesiapan pervorma PC kita, paling tidak PC kita dengan spesivikasi minimal, procesor dualcore,  ram 1GB, hardisk minimal 80GB.
  3. Selanjutnya siapkan DVD Windows 8. Jika ingin gratis klik disini untuk mendownloadnya.
  4. Dan selanjutnya akan muncul tampilan press any key pada bios, kemudian tekan sembarang tombol pada keyboard. Untuk mempermudah tekan enter saja.
  5. Selanjutnya akan ada tampilan seperti gambar di bawah ini.
  6. Tunggu beberapa saat, hingga muncul tampilan seperti berikut.
  7. Biarkan fault saja, agar nantinya mempermudah kita. Langsung klik Next.  
  8. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut. Kemudian klik Install Now.         
  9.  Setelah hadirin klik Install Now, berikutnya akan tampil seperti gambar di bawah ini.
  10. Tunggu sebentar hingga muncul tampilan seperti berikut.
  11. Di sini kita di suruh memasukkan produk key windows kita, biasanya produk key sudah tertulis di bungkus DVD windows 8 hadirin, jika windows 8 hadirin hasil download, biasanya dipenyedia link downloadnya sudah terdapat keynya. Setelah keynya kita masukkan, selanjutnya klik Next. Jika benar key yang kita masukkan selanjutnya akan tampil tampilan berikutnya.                                                                                                           
  12. Kemudian beri tanda ceklist pada I accept the license terms, seperti gambar di atas, selanjutnya klik Next, dan akan tampil seperti gambar di bawah ini.
  13. Kemudian pilih Custom. dan akan langsung keluar tampilan berikut ini.
  14. Nah..! hal yang terpenting dari menginstall windows adalah pada tahapan ini, karena pada tahapan ini jika kita salah dalam memformat partisi, ya sudah..." data kita akan hilang semua, di tahap ini kita harus benar-benar hati-hati, dalam pemilihan Drive yang akan kita format, cara mengetahuinya tempat Drive yang kita gunakan untuk menginstall windows 8 nanti, biasanya Drive yang benar di bagian Type-nya terdapat tulisan System. Dan kita pilih yang itu kemudian klik Format. Tunggu beberapa saat hingga proses format selesai kira-kira 15 detik. Dan ketika partisi aslinya semisal 39Gb antara Total size dan Free space akan sama, dan akan terdapat selisih kira kira 1MB. Selanjutnya pilih Drive yang bertype System, kemudian klik Next. dan selanjutnya proses instalasi dimulai, seperti gambar di bawah ini.                                                                                         
  15. Sekarang kita tunggu proses instalasinya sampai selesai, boleh kita tunggu sambil ngopi-ngopi dulu, untuk proses ini, biasanya memakan waktu 20 menit, tetapi semua itu tergantuk spesifikasi PCnya, jika spesifikasi PCnya tinggi. Otomatis akan lebih cepat. Setelah selesai PC akan restart, seperti gambar dibawah ini. komputer akan restart dalam waktu 10 detik.                                                                                                                   
  16. Setelah itu tunggu, sehingga PC melakukan booting kembali, dantunggu hingga PC sampai pada tampilan berikut.                                                
  17. Seperti gambar di atas, hadirin disuruh memilih tema untuk PC kita, dan dibagian PC Name kita disuruh mengetikkan nama PC kita, untuk nama ketikkan sesuka hati hadirin. setelah itu klik Next. dan selanjutnya akan tampil seperti berikut.         
  18. Pilih Customize, dan kita lakukan setting PCnya. setelah pilihan Customize kita klik akan muncul tampilan berikutnya, seperti gambar di bawah ini.
  19. Perlu di ketahui untuk Bagian Windows Update kita matikan saja dengan cara klik anak panah kecil kebawah, di bawah tulisan Windows Update, kemudian pilih pilihan ketiga seperti gambar di atas. Dan untuk settingan yang lain samakan seperti gambar. kemudian klik Next. Dan akan tampil tampilan seperti berikut.                                                            
  20. Untuk settingan samakan semua seperti gambar. Setelah sesuai gambar klik Next. dan akan muncul tampilan berikutnya, seperti di bawah ini.            
  21. Untuk settingan juga samakan seperti gambar. setelah sama klik Next. setelah hadirin klik Next akan tampil seperti berikut.                                         
  22. Kemudian isikan username hadirin sesui nama komputer yang sudah hadirin ketikkan tadi, dan untuk kolom yang lain biarkan kosong. kemudian klik Next. dan muncul tampilan berikut.                                                            
  23. Tunggu hingga proses selesai, dan ketika sudah selesai, windowspun sudah bisa dijalankan, katika sudah selesai tampilannya seperti gambar di bawah ini. Dan proses instalasi sudah selesai                                                                                                                  
Demikian tutorial yang dapat kami sampaikan, jika ada pertanyaan dari para hadirin langsung saja lewat coment. Dari kami cukup sekian jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati hadirin, kami minta maaf yang sebesar besarnya. wall'afwu minkum....!!

Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

No comments:

Post a Comment