Thursday 12 December 2013

Cara Membuat Virtual CD/DVD di PC atau Laptop

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Kembali bertemu lagi para hadirin yang berbahagia, kembali lagi kami postingkan artikel, untuk postingan kali ini kami mempostingkan artikel dengan judul " Cara Membuat Virtual CD/DVD di PC atau Laptop". Perlu diketahui terlebih dahulu, apa yang dimaksud Virtual CD/DVD itu?. Disini akan kami jelaskan terlebih dahulu tentang Virtual CD/DVD. Virtual CD/DVD adalah sebuah aplikasi yang dapat menjalankan atau memutar CD/DVD  tanpa CD/DVD room. Sebelum CD/DVD diputar didalam virtual CD/DVD, maka format CD/DVD harus dirubah terlebih dahulu kedalam bentuk format .iso atau .img.

Virtual CD/DVD ini cara kerjanya sama persis dengan CD/DVD sebenarnya, Cuman untuk virtual ini sendiri karena namanya juga virtual jadi yang bisa diputar adalah dalam bentuk virtual juga, seperti yang sudah kami katakan tadi, file yang dapat diputar adalah file yang berformat .iso atau .img. 

Untuk bisa membuat Virtual CD/DVD kita memerlukan sebuah software, yaitu "Virtual Clone Drive", sofware ini mampu membuat virtual CD/DVD hingga sepuluh buah, cara instalnyapun cukup mudah dibanding software virtual yang lain, untuk software ini setelah diinstall bisa langsung digunakan  tanpa harus merestart PC kita terlebih dahulu.

Di bawah ini nanti, kami juga lampirkan link download dan cara insatall sofware virtual clone drive. Langsung saja berikut ini cara insatal software virtual clone drive:
  1. Pertama download terlebih dahulu software virtual clone drive (disini).
  2. Sebelum mendownload kami anjurkan untuk log in ke 4shared terlebih dahulu, untuk log in klik (disini). Karena server yang kami gunakan adalah 4shared.
  3. Setelah didownload , kemudian cari file software virtual clone drive hasil downloadan tadi, biasanya hasil downloadan terdapat pada My Document - Download.
  4. Setelah ketemu buka virtual clone drive.rarnya, dengan cara klik dua kali atau klik kanan open.
  5. Setelah dibuka akan tampil sebagai berikut. Kemudian klik dua kali pada virtual clone drive.exe                                                         
  6. selanjutnya akan tampil tampilan seperti berikut ini. Dan kemudian klik I Agree
  7.  Setelah tampil tampilan di bawah ini, kemudian beri tanda cek list pada semua pilihan item, kalu sudah ter chek list semua klik next.
  8.  Setelah hadirin klik next selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut, di bawah ini menerangkan tempat penginstallan software virtual clone drive kita, biarkan saja seperti aslinya, kemudian klik next.
  9.   Dan selanjutnya proses instalasi dimulai. Untuk proses instalasi cukup singkat yaitu kira kira 20 detik, tunggu hingga proses installasi selesai.
  10.  Setelah selesai di situ akan terdapat tulisan Complided, yang ber arti proses instalasi telah selesai, selanjutnya klik close.
  11. Setelah selesai tahap penginstalan, kemudian kita masuk tahap selanjutnya yaitu mensetting virtual clonenya. Cara mensettingnya sebagai berikut :
  • Buka virtual clonenya dengan cara klik dua kali pada icon virtual clon.
  • Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut, ubah pengaturannya seperti di bawah ini. Selanjutnya klik language.                                  
  •  Setelah hadirin klik pilihan language, selanjutnya akan tampil seperti gambar berikut, dan biar memudahkan kita untuk memahaminya klik pada Bahasa Inggris.
  • Kemudian klik "OK", setelah itu coba cek di my computer dengan cara klik My Computer, di situ akan bertambah dua DVD room, itulah yang dinamakan Virtual DVD.
Demikian di atas adalah cara instal sekaligus cara mensetting virtual clone, semoga bermanfaat bagi kita semua, amin...!! Sekian dari kami jika ada hal-hal yang kurang berkenan di hati para hadirin kami minta maaf yang sebesar besarnya, semisal ada yang kurang jelas dalam penulisan kata-kata di atas, bisa di tanyakan di comen. 

Sekian
Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
                                  

No comments:

Post a Comment